Kisah Qorun Sang Pecinta Harta



Kali ini AquaScore akan mengulas tentang Hiyat Qorun. Sobat AquaScore tahu Qorun kan? Itu hlo orang miskin yang taat beribadah namun saat berubah menjadi orang kaya kemudian lupa segalanya. Nah langsung saja deh ini kisah selengkapnya.

Qorun adalah seorang yang sangat senang pada harta benda dan kekayaan. Dia anak dari paman nabi Musa AS. Dulunya ia merupakan seorang yang melarat dan taat beribadah kepada Allah.

Pada suatu hari ia datang ke rumah saudara perempuan nabi Musa AS, lalu bertanya : "Darimana kiranya Musa AS memperoleh uang banyak untuk menafkahi keluarganya?"

Saudara perempuan nabi Musa menjawab : "Sesungguhnya Allah telah mengajari Kita cara membuat dan mengolah emas."

Setelah itu Qorun belajar membuat segala sesuatu dari emas dan berujung kesuksesan sehingga ia menjadi orang kaya yang luar biasa kaya.

SEBERAPA BANYA HARTA QORUN?
Allah SWT menjelaskan tentang kekayaan Qorun yang luar biasa dalam surat Al-Qashash ayat 76 yang artinya :

"Sesungguhnya Qorun adalah termasuk kaum Musa, maka ia berlaku aniaya terhadap mereka, dan kami telah menganugerahkan kepadanya perbendaharaan harta yang kunci-kuncinya sunggu berat dipikul oleh sejumlah orang yang kuat-kuat. (Ingatlah) ketika kaumnya berkata kepadanya : Janganlah kamu terlalu bangga : Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang terlalu membanggakan diri."

Dari potongan ayat diatas kita dapat membayangkan betapa kaya rayanya Qorun. Kunci-kunci penyimpanan hartanya saja sangat berat. Ada riwayat yang menyebutkan bahwa kunci-kunci penyimpanan harta milik Qorun harus diangkat oleh tidak kurang dari 40 himar baru dapat diangkut semuanya. Itu baru kuncinya saja hlo, bagaimana hartanya?

MEMFITNAH NABI MUSA AS
Kekayaan yang melimpah merubah pribadi Qorun, ia menjadi orang yang gila harta dan lupa ibadah. Hal ini pun berulang kali diperingatkan oleh nabi Musa AS supaya Qorun bertaubat. Namun Qorun menghiraukan semua nasihat nabi Musa AS.

Hingga pada suatu hari Qorun memerintah seorang perempuan agar berdusta untuk mengaku telah berbuat zina kepada nabi Musa AS. Namun berkat rahmat dari Allah SWT, perempuan itu dibukakan pintu hatinya dan menceritakan hal yang dilakukan Qorun yang memerintah perempuan tersebut agar berdusta dan memfitnah telah berbuat zina kepada nabi Musa AS.

AKHIR HIDUP QORUN
Mendengar pengakuan dari perempuan tersebut, nabi Musa AS marah dan berdoa kepada Allah. Kemudian beliau mendapat wahyu agar mendatangi rumah Qorun. Sesampainya di rumah Qorun, nabi Musa AS berkata : "Ya Rabai Ya Tuhanku ! Segala keputusan bagi-Mu atas Qorun ya Tuhan kami"

Seketika itu juga rumah dan semua harta milik Qorun amblas ditelan Bumi, begitu juga dengan Qorun yang ikut lenyap ditelan Bumi.


Nah, sobat AquaScore, dari kisah Qorun tersebut semoga dapat memberi contoh agar kita tidak terjerumus ke lembah kesesatan hanya karena tergiur harta benda. Salam AquaScore. . .




Artikel Lainnya :