Syafaat Muhammad SAW di Hari Kebangkitan


Sobat AquaScore, semua yang hidup di langit dan bumi kelak akan tunduk merendahkan diri dihadapan Allah pada saat dibangkitkan. Banyak yang mencucurkan keringat dan diam tak ada yang berani bicara tanpa izin Allah. Sedangkan yang diberi izin untuk bicara hanya dari kalangan nabi dan rasul. Para nabi dan rasul ini akan diberi izin bicara untuk menyampaikan syafaat pada kaumnya, dimulai dari nabi yang pertama sampai yang terakhir nabi Muhammad SAW. Menurut beberapa sumber para nabi tidak mau memberi syafaat dan menghindar dari umatnya. Hanya junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang dapat memberikan syafaat. Beliau akan menghadap Allah dan bersujud kemudian Allah akan membukakan pintunya serta diberikan ilham kepada Muhammad SAW yang berupa suatu penghargaan dan kehormatan yang belum pernah diberikan oleh Nabi selain Muhammad SAW.


Apa Syafaat Rasulullah?

Nabi Muhammad SAW akan memberi syafaat sebagai berikut :

1. Supaya Allah mau memberikan balasan kepada orang yang beriman, yaitu surga dan memberikan neraka bagi orang yang kafir. Sedangkan itu berlaku untuk seluruh umat manusia dan umum.

2. Baik orang yang beriman dan orang yang berdosa di saat menentukan itu agar mendapat ketenangan ditempatnya masing-masing. Dan ini merupakan syafaat beliau yang berlaku untuk umum.

3. Khusus diperuntukkan kepada Nabi Muhammad sendiri dari Allah SWT, yakni supaya Allah memberikan syafaat kepada Beliau untuk menyelamatkan umatnya yang pada saat itu dalam keadaan bingung, goncang, gelisah. Sampai-sampai orang tua lupa anaknya, anak lupa orang tuanya, suami lupa dengan istrinya dan lain-lainnya yang disebabkan masing-masing berada dalam kebingungan, penderitaan dan keluh kesah yang mendalam. Kemudian oleh Beliau mereka dibawa ke suatu tempat yang telah dijanjikan oleh Allah yaitu sebuah telaga tempat yang paling terpuji.

4. Sedangkan yang lebih khusus lagi adalah Nabi Muhammad SAW memberikan syafaat untuk suatu kaum yang dapat masuk ke dalam surga tidak melalu hisab dan bagi kaum yang masuk ke dalam neraka akan mendapat syafaat dari Beliau agar tidak jadi memasukinya serta untuk mengangkat tingkat dan derajat kaum yang masuk ke dalam surga yang lebih tinggi lagi.

Nah, itu tadi syafaat dari Nabi Muhammad SAW sob? Pasti sobat AquaScore juga mengharap syafaat dari Nabi Muhammad kan? Semoga kita semua mendapatkannya, amin.

Artikel Lainnya :