Sang Peniup Sangkakala


Malaikat Israfil, adalah malaikat yang kelak diberi tugas oleh Allah S.W.T untuk meniup terompet sangkakala. Sobat AquaScore pastinya sudah ndak asing tha dengan terompet yang satu ini? Disebutkan bahwa terompet sangkakala itu sangat besar dan bunyinya bisa terdengar dari timur sampai barat, bahkan ke semua penjuru alam semesta.


Berapa Kali Sangkakala Ditiup?
Saat Allah memerintah malaikat Israfil untuk meniup sangkakala akan dilakukan sebanyak tiga kali tiupan. Dan tiap tiupan mengandung arti yang berbeda. Pada tiupan pertama semua alam semesta dan isinya akan hancur, seperti yang dijelaskan oleh firman Allah pada surat An-Naml ayat 87 :

Tiupan Pertama.
Pada tiupan pertama ini semua makhluk akan mati, gunung berhamburan, bumi berguncang hebat, ibu hamil menjadi melahirkan, yang menyusui lupa anaknya dan terjadi kilat yang luar biasa tajam sampai membutakan mata, hati dan jantung berdebar karena takut, itulah hari kiamat. Hal ini juga dijelaskan pada surat An-Naazi'aat ayat 6-8 :






Tiupan Yang Kedua.
Setelah tiupan pertama akan dilanjut tiupan yang kedua, dimana pada tiupan kedua segalanya hancur lebur tanpa tersisa, kecuali yang dikehendaki Allah SWT.


Tiupan Yang Ketiga.
Pada tiupan yang ketiga, semua nyawa akan dibangkitkan, ruh yang tersimpan keluar dari jasadnya, semua hidup kembali dengan keluh kesah sesuai keadaan semasa hidup di dunia. Selain itu Jin, Iblis dan para Malaikat juga akan dibangkitkan. Seperti penjelasan surat Yaa Siin ayat 51 :



Peristiwa ini juga dijelaskan dalam surat Az-Zumar ayat 68 :


Yeah, bicara tentang kiamat dan kehancuran hanya Allah yang tahu, kita manusia hanya hanya perlu memperbanya ibadah dan memperkokoh iman. Ada yang bilang hidup hanya mampir minum, mungkin ungkapan tersebut benar. Salam AquaScore.

Artikel Lainnya :