Manfaat Herbal Dibalik Keindahan Bunga Melati


Bunga melati yang mempunyai nama latin Jasminum Sambae L memiliki kandungan zat sebagai berikut :

- Mengandung keton yang berbau harum, dapat dijadikan penurut panas dan obat urut syaraf.

- Rasa bunda dan daunnya pedas, manis dan sejuk. Dapat digunakan untuk anti radang, melancarkan pernapasan dan peluru kencing.

- Akarnya terasa pedas, manis, netral agak toksik berkhasiat untuk pemati rasa dan menghilangkan rasa nyeri.



Manfaat Herbal :

1. Mengatasi Mata Merah.
Segenggam daun melati dan bunganya dicuci bersih. Rebus dan minum air rebusannya, jangan lupa disaring. Ada baiknya air tersebut juga digunakan untuk cuci muka.

2. Deman dan Diare.
Aambil 6 gram bunga melati yang sudah dikeringkan, 10 gram teh hijau, 30 gram kapulaga. Semua bahan tadi direbus dengan air 500cc dan tunggu sampai mendidih atau airnya berkurang setengahnya. Setelah matang minum airnya.

3. Influensa.
Ambil 6 gram bunga melati, 9 gram jahe. Cucilah kedua bahan tersebut, lalu rebus dengan 400 cc air, hingga tersisa separuhnya. Setelah dingin, saring lalu diminum seperlunya.

4. Demam dan Sakit Kepala.
Sediakan 6 gram bunga melati kering, 10 gram teh hijau dan 30 gram kapulaga. Setelah dicuci bersih, rebuslah semua bahan dengan air sebanyak 500 cc, hingga tersisa 200 cc. Setelah dingin lalu diminum.

Sedangkan untuk sakit kepala : sediakan 10 gram daun melati dan 10 gram bunganya. Remas-remaslah kedua bahan tersebut lalu direndam dalam air secukupnya. Gunakanlah air rendaman ini untuk mengompres dahi.

Artikel Lainnya :