Sejarah Adanya Buku



Sobat AquaScore pasti sudah tidak asing dengan benda yang satu ini. Buku. Ya,buku? Tidak banyak dari kita yang mau tahu asal-usul buku, namun di artikel Saya kali ini akan membahas tentang asal-usulnya buku.

Buku adalah sekumpulan kertas atau bahan lainnya seperti kulit binatang, serat pohon dan sebagainya yang dijilid menjadi satu. Biasanya berisi tulisan, gambar atau informasi lainnya. Tiap lembaran pada buku disebut halaman.


PENDAPAT TENTANG SEJARAH BUKU :


1. Beberapa sumber menyatakan bahwa buku sudah ada sekitar 2400 SM di Mesir. Namun bentuknya belum berupa lembaran yang dijilid, hanya berupa gulungan yang dibuat dari serat pohon papirus.


2. Sumber lain mengatakan buku sudah ada sejak zaman Sang Budha, alasannya pada saat itu Sang Budha sudah menuliskan ajarannya pada selembar daun.


3. Sedangkan bangsa Romawi membuat buku yang berupa gulungan, terbuat dari kulit domba yang disebut parchment (parkamen). Dan di wilayah tepian suangai Euphrates Asia Kecil sudah ada buku yang dibuat dari tanah liat tanah liat yang dibakar.


4. Buku semakin berkembang terlebih setelah Tsai Lun dari Cina membuat kertas pada 200 SM. Tsai Lun membuat kertas dari serat yang disebut hennep yang ditumbuk dan diaduk dengan air hingga menjadi bubur. Kemudian dicetak dan dijemur hingga menjadi lembaran kertas.






PERKEMBANGAN BUKU dan TEKNOLOGI KERTAS :
Buku yang seperti kita lihat sekarang baru ada pada tahun 300 M, saat itu buku dijilid dengan cara dijahit pinggirnya. Model buku yang seperti ini disebut Codex.

Perkembangan buku tak lepas dari perkembangan kertas . Pada 751 M, perkembangan kertas dengan kualitas yang lebih baik sudah dikembangkan. Bangsa Cina yang menjadi tawanan dari bangsa Arab banyak mengenalkan tentang teknologi kertas. Kemudian dari bangsa Arab teknologi kertas pun menyebar ke penjuru Eropa, hingga pada tahun 1189 pabrik kertas pertama di dunia didirikan di Perancis, menyusul kemudian di Italy pada tahun 1276 dan di Jerman tahun 1391. Nah,sekarang sudah tahu kan tentang asal-usulnya buku? Cukup panjang juga sejarah buku, dan sekarang pun buku sudah semakin berkembang dengan adanya Ebook (Buku Elektronik) yang bisa dibaca secara digital.

Artikel Lainnya :