Riwayat Abu Bakar As-Shidiq. Khalifah Pertama.


Abu Bakar As-Shidiq adalah seorang sahabat nabi yang termasuk golongan Assabiqunal Awalun (orang-orang pertama yang masuk Islam). Dalam beberapa sumber, beliau lahir pada tahun 572 M di Makkah.


KELUARGA Abu Bakar As-Shidiq
Beliau adalah keturunan bani Ta'im dari suku Quraisy. Ayahnya bernama Abdullah Ibni Quhaafah. Abu Bakar As-Shidiq sendiri adalah seorang pedagang sekaligus seorang hakim yang adil. Beliau terpelajar dan sangat dihormati di kalangan sukunya.



GELAR AS-SHIDIQ
Gelar As-Shidiq sendiri diberikan oleh Rasullah karena beliau orang yang dapat dipercaya.




RIWAYAT LENGKAP Abu Bakar As-Shidiq
Sahabat AquaScore, Abu Bakar As-Shidiq yang punya nama asli Abdul Ka'bah ini adalah ayah dari Aisyah ra, beliau juga menjadi satu-satunya teman yang mendampingi Rasullah pada saat hijrah ke Madinah.

Sebelum Rasullah meninggal dunia, Abu Bakar As-Shidiq dipercaya menggantikan Rasullah menjadi imam sholat, hal ini secara tidak langsung menjadi isyarat bahwa Rasullah mempercayakan kepemimpinan umat Islam selanjutnya pada Abu Bakar As-Shidiq. Dan benar saja, setelah Rasullah meninggal dunia, Abu Bakar As-Shidiq diangkat menjadi khalifah pertama memimpin umat Islam. Namun beberapa umat Islam Syiah tidak setuju dengan hal tersebut. Mereka lebih mendukung Ali Bin Abi Thalib untuk menjadi khalifah .


Pada awal masa kepemimpinannya, Abu Bakar As-Shidiq sibuk memberantas beberapa pemberontak yang mencoba merusak akidah umat Islam. Contohnya seperti Musailamah Al-Kazab (Musailamah Sang Pembohong) yang mengaku sebagai nabi.


Beliau juga berperan aktif untuk melakukan syiar agama Islam ke seluruh dunia yang dimulai dari penaklukan jazirah arab. Abu Bakar As-Shidiq hanya memerintah selama 2tahun dan pada 23 Agustus 634 M beliau meninggal dunia di Madinah dan dimakamkan disamping makam Rasullah.


Yups, itu dia riwayat hidup Abu Bakar As-Shidiq, semoga artikel yang Saya tulis ini dapat memberi manfaat. Salam AquaScore. . .

Artikel Lainnya :